Blog dan tulisan seorang ibu

Sharing is Caring

Blood Diamond

Published last year in Review - 0 Comments

Wanita dan perhiasan adalah duet maut yang tak mungkin terpisah. Sejak dahulu kala wanita memang lekat dengan perhisan apapun bentuknya. Salah satu perhiasan yang digilai wanita adalah berlian. Sejak dulu saya nggak pernah tau dan nggak ambil pusing dari mana berlian itu berasal. Hanya tau kalo berlian didapatkan dari proses penambangan. That’s it. Diambil dari belahan bumi mana, gimana prosesnya, gimana distribusinya, semua saya nggak pernah ambil pusing. Setelah nonton Blood Diamond saya kemudian tahu.

Ternyata tidak mudah megantarkan perhiasan mungil harga selangit itu dari perut bumi hingga etalase toko berlian. Hhmmm….yuk kita review Blood Diamond.

Film ini emang udah jadul yah. Dirilis tahun 2006. Tapi begitu berkesan dan saya berulang kali nonton. Durasi 143 menit memang penuh ketegangan, sedikit sentuhan romantisme dan juga banyak nilai kehidupan yang dapat dilihat didalamnya. Adalah Danny Archer (Leonardo Dicaprio), seorang tentara bayaran, keturunan kulit putih yang lahir dan besar di Afrika. Orang tuanya dibunuh sejak ia masih kecil. Ia kemudian diasuh oleh Kapten Poison (David Harewood). Danny sungguh merasakan kerasnya hidup sejak kecil. Ia bahkan tak mengenal kehidupan lain selain itu. Afrika membentuknya menjadi pribadi tak berperasaan.

Hal itu mulai berubah saat ia bertemu dengan Maddy Bowen (Jennifer Connelly). Wanita cantik ini awalnya menarik perhatian Danny secara fisik. Ia memang cantik, mempesona dan cerdas. Akan tetapi Danny kemudian merasa sebel karena Maddy ternyata seorang wartawan. Hhhmmmm…

Biasanya a bad guy kan sebelnya ama polisi, kalo si ganteng ini alergi sama wartawan. Mengapa? Karena masuk keluarnya berlian sudah dilarang di daerah itu. Tapi situasi sungguh sangat tidak mendukung. Peperangan yang tak pernah selesai membuat semua yang hidup disana menderita. Kemiskinan membuat semua orang berebut saling siku untuk bertahan hidup. Berlian adalah solusi.

Adanya wartawan yang bisa membuat aksi jual beli berlian bawah tanah terungkap tentu saja mengkhawatirkan pelaku ‘bisnis’ itu. Ada lagi Solomon Vandy yang kehilangan keluarganya akibat situasi yang panas. Tapi pria ini tak kenal menyerah. Ia gigih berjuang melakukan apapun demi bertemu isteri dan anak-anaknya.
Suatu ketika Solomon yang bekerja disebuah pertambangan berlian menemukan berlian besar berwarna merah jambu. Itu adalah berlian terbesar yang pernah dilihatnya. Tanpa sepengetahuan siapapun ia menguburkan berlian itu untuk kemudian akan mengambilnya jika keadaan sudah memungkinkan.

Ternyata akibat sebuah kerusuhan Solomon masuk penjara. Dalam penjara itulah ia bertemu Danny dan kemudian membuat perjanjian. Danny akan membantu Solomon menemukan keluarganya, tapi Solomon harus menyerahkan berlian merah jambu itu pada Danny.

Dari sinilah perjalanan panjang menemukan keluarga dan berlian dimulai. Banyak hal menjadi pembelajaran baru bagi Danny. Ia menyadari ia jatuh cinta pada Maddy. Ia menyadari arti sebuah keluarga, sesuatu yang tak pernah ia miliki. Ia pun menyadari bahwa ia masih bisa melakukan sebuah kebaikan disisa hidupnya.

Bisnis berlian bawah tanah memang melibatkan banyak pihak. Tak mudah mengungkap hal besar yang telah berlangsung sekian tahun. Melibatkan pejabat dan orang terhormat pula. Tapi dengan bantuan Maddy dan Danny, Solomon akhirnya berani mengungkap persengkokolan kotor melibatkan berlian yang menelan begitu banyak korban. Bagaimana nasib Danny? Bagaimana kisah cinta Danny dan Maddy?

Nonton sendiri yaaaa…. Akting Leonardo disini patut diacungi jempol. Saya paling berkesan dengan adegan saat Danny tertembak dan menelpon Maddy sesuai janjinya. Ia menyadari bahwa tempatnya sesungguhnya adalah memang di Afrika. Dalam keadaan sekarat diatas bukit ia melihat pemandangan yang sangat indah dan berharap Maddy ada bersamanya. Oooohhhh… begitu mengharukan.

Film ini memang meraih sukses. Masuk lima nominasi Academy Award loh. Cerita yang bagus diperankan oleh aktor dan aktris kawakan berpengalaman. Selamat menonton!