Blog dan tulisan seorang ibu

Sharing is Caring

Meteorologi Hidup

Published last year in Life - 0 Comments

Tulisan saya kali ini cuma ingin mengingat hari meteorologi sedunia yang diperingati 3 hari yang lalu. Sebel banget udah nulis panjang lebar waktu itu, niatnya sekali-kali bolehlah bikin status panjang di facebook. Eehhhh, tau-tau itu hape main hang heng sesuka hati. Ga tau dia ini jari udah keriting saking panjang tulisan yang sudah kubuat. Okelah, daripada hilang itu ide brilian (cieeeee), aku taruh saja di bawang uyah.

Pernahkan anda mendengar hukum Gradien Geotermis? Hukum ini menyatakan semakin tinggi suatu tempat di permukaan bumi dalam hal ini setiap kenaikan 1000m, maka akan diikuti dengan penurunan suhu sebanyak 6 derajad celcius didaerah sekitar katulistiwa. Ini berarti ketinggian suatu permukaan berbanding terbalik dengan suhu. Emang bener kan, kalo kita naik-naik ke puncak gunung, suhu udara diatas sana cenderung lebih dingin kan?

Ada yang berpendapat, hukum ini hanya berlaku di lapisan keempat atmosfer yaitu troposfer. Aku nggak setuju! Kenapa? Karena sesungguhnya hukum ini juga berlaku dalam kehidupan kita sehari-hari. Di lingkungan yang paling dekat dengan diri kita. Semakin tinggi ilmu pengetahuan seseorang maka secara otomatis akan semakin rendah hati pulalah ia. Hhhhhmmmmm….Realitanya,banyak juga toh orang yang katanya berpendidikan tapi kelakuannya mirip masyarakat kasta paling bawah. Untuk yang model begini perlu diragukan seberapa paham dia akan pengetahuan yang dia pelajari.

Pernah mendengar istilah mesosfer? Itu adalah lapisan ketiga dari lapisan pembentuk atmosfer. Lapisan ini memiliki kerapatan udara yang sangat unik sehingga pesawat dan alat transportasi udara lainnya tidak dapat terbang di lapisan ini. Hanya dapat terbang dilapisan sebelum atau sesudahnya. Hhhhmmmm….Apakah ini berarti mesosfer sangat tidak berguna? Big No!!!! Justeru mesosfer memiliki peran yang sangat penting sebagai lapisan pelindung bumi dari benturan dan serangan benda-benda langit. Salah satu contohnya adalah meteor.

Siapakah mesosfer kita? Mereka adalah keluarga. Mereka adalah pasangan hidup dan anak-anak. Mereka adalah lapisan mesosfer yang sudah pasti akan melindungi kita dari serangan dan benturan masalah maupun orang-orang yang tidak menyukai kita. Mereka menjadi lapisan pertama yang menyaring serta meleburkan makian orang sehingga tak pernah sampai ke telinga kita.

Maka ilmu, kerendahan hati dan keluarga adalah tiga elemen penting yang harus selalu dijaga agar duniamu senantiasa berwarna. Selamat hari meteorologi sedunia 23 Maret, dan itu sudah 3 hari hari yang lalu bo! Selamat malam, selamat beristirahat.

Maggie Ajie